Resep Kue Pepare Khas Kalimantan Selatan


 Kue Pepare

 

Photo

Kue Paria atau kue Pepare khas kota Banjarmasin. Bentuk kuenya mirip sayur pare, maka diberi nama kue pare atau pepare. Pada adonan akan ditambahkan kentang kukus, supaya adonannya tebal dan lembut ketika digigit. Untuk warna hijau,  gunakan endapan jus pandan dan sedikit tetesan pewarna hijau. Aroma pandannya kuat, ketika dimakan pun rasa pandannya pas. Untuk unti kelapa 100% pakai gula jawa, jadi rasa dan aromanya khas. This is a recipe 👇



Bahan-bahan:

  1. 250 gr tepung ketan
  2. 150 gr kentang kukus (haluskan)
  3. 50 ml sari pandan (kental)
  4. 150 ml air hangat
  5. 1/2 sdt garam
  6. 2 tetes pewarna hijau
  7. 30 ml minyak sayur

    1. Bahan Oles:
    2. secukupnya Minyak sayur

    3. Bahan Unti Kelapa:
    4. 200 gr kelapa setengah tua (parut)
    5. 150 gr gula merah (sisir)
    6. 100 ml air putih
    7. 3 lbr daun pandan (ikat)
    8. 1/4 sdt garam


    Cara Membuat Kue Papare:


    1. Dalam wadah aduk tepung ketan, kentang kukus, dan garam. Tambahkan sari pandan dan air hangat perlahan. Uleni sampai rata dan adonan bisa dibentuk.
    2. Ambil adonan beri isian unti kelapa. Bentuk lonjong dan beri guratan-guratan dengan tusuk gigi seperti kulit pare. Alasi perape dengan daun pisang, dan oles bagian atas kue dengan minyak sayur. Lakukan sampai adonan habis.
    3. Panaskan kukusan, tutup panci dialasi dengan kain bersih. Kukus pepare sekitar 15 menit atau sampai matang. Sesekali tutup panci dibuka, supaya bentuk kue tidak meleber.
    4. Setelah matang, angkat kue dan oles kembali dengan minyak sayur. Penggunaan minyak sayur, selain agar mengkilap, ketika disuhu ruang permukaan kue tidak mengeras.

      Bahan unti: 1. Dalam panci masak air, gula merah, daun pandan, dan garam. Masak hingga mendidih dan gula larut. 2. Masukkan kelapa parut, aduk terus sampai air gula benar-benar menyerap ke dalam kelapa.


      Demikian cara membuat Kue Papare. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Komentar

Postingan Populer